Ternyata , terdapat sebuah mushola di dasar kawah gunung galunggung

Sedikit cerita tentang Gunung galunggung
( PESONA SI MACAN TIDUR )  

Gunung Galunggung berada di wilayah Desa Cipanas, Kecamatan Sukaratu, tepat sekitar kurang lebih 17 km dari Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Agan bisa menemui kawasan wisata Gunung Galunggung dengan potensi alam yang beragam.

  Sungguh ini merupakan anugerah tuhan yang begitu besar yang bisa dinikmati langsung dengan mata telanjang. Hembusan angin yang datang semliwir mengantarkan ane untuk menempuh jarak sekitar 2,5 km mencapai kawah. Untuk mencapai bukit tertinggi Galunggung Agan harus melewati 620 anak tangga yang curam.  

Tapi jangan salah gan,gunung galunggung pernah meletus beberapakali  

Letusan Gunung Galunggung:  
1. Letusan tahun 1822 Letusan ini menewaskan 4.011 jiwa dan menghancurkan 114 desa  

2. Letusan tahun 1894 Letusan kali ini menghancurkan 50 desa  

3. Letusan tahun 1918 Dan pada tanggal 9 Juli, tercatat pemunculan kubah lava di dalam danau kawah setinggi 85m dengan ukuran 560×440 m yang kemudian dinamakan Gunung Jadi.

4. Letusan tahun 1982 Letusan terakhir terjadi pada tanggal 5 April 1982 disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar. Kegiatan letusan berlangsung selama 9 bulan dan berakhir pada 8 Januari 1983.hampir selama satu tahun penduduk di sekitar gunung mengungsi.  

VIDEO :
letusan gunung galunggung tahun 1982

SUMBER : google dan youtube  

Dari uraian singkat di atas ternyata,tepat di dasar kawah gunung galunggung terdapat sebuah mushola,yang di perkirakan di bangun bertepatan 620 anak tangga di buat.  

Mushola tersebut di kelola oleh satu orang yang mengabdikan diri di sana,namanya tidak bisa ane sebutkan sebagai bentuk privasi.  

sebut saja ,Beliau.
Beliau mempunyai keluarga dan anak-anaknya,hanya saja anak dan istri beliaulah yang menemuainya ke dasar kawah.

Beliau sehari-hari merawat mushola tersebut,jauh dari keramaian,di sana beliau berdagang makanan seperti pada umumnya pedagang biasa,terkadang ada wisatawan yang sengaja mampir ke sana.ataupun sengaja menginap di mushola,untuk berziarah.

konon katanya , bahkan dari luar negeri pun seperti dari arab saudi ada yang sengaja berziarah ke sana.   di dekat mushola terdapat sumber mata air yang sangat jernih sekali,dan sebuah petilasan.”petelisan” dalam artian adalah “tempat persinggahan”. orang – orang zaman dahulu.  

Zaman dahulu kala,tempat ini sering di jadikan untuk bertafakur,berzikir yang di gunakan oleh para syekh pada masanya,biasanya berdiam tepat di bawah batu besar.hingga sekarang batu tersebut masih ada.  

Menurut beliau,secara dzohir ( fisik ),tempat di sekeliling mushola  atau dasar kawah nampak adanya seperti penglihatan pada umunya,seperti semak belukar,pepohonan,bebatuan , layaknya dasar kawah.Namun secara batin,
( tak kasat mata) tempat ini merupakan sebuah perkotaan bangsa jin.

sehingga jikalau kita melintasi tempat ini secara tidak langsung kita sudah bergesekan dengan ciptahan Tuhan yang lainya,sebangsa jin,layaknya perkotaan pada umunya di dunia manusia.  

jika malam,atau setiap ketika beliau adzan ,beliau suka shalat sendirian,pada saat sholat , terkadang ada yang mengikuti sholatnya beliau,padahal beliau di dasar kawah, tinggal menetap sendiri.

ini dia gan pesona si macan tidur alias GUNUNG GALUNGGUNG,kawahnya yang tenang ,tetapi masih aktif kegiatan vulkaniknya  
Penampakan:  

Beliau bilang,jika berfoto di sini,jangan aneh kalo ada yang ikut ke foto tanpa sepengetahuan kita,ada gak yah?..yuk kita lihat foto-foto nya.

image

Saat letusan tahun 1982,kemunculanya gunung jadi ( gunung baru ) disertai kilatan dan gemuruh petir    

image

620 anak tangga , perokok yah ?

image

 

alat pemantau gempa  

image

Dasar kawah yang tenang  dan  mushola dari jauh,seperti titik putih  

image

musholanya gan??  

image

ini dia gunung jadi,alias gunung yang baru lahir

image

 akses jalan  menuju dasar kawah dan
mushola

image

image

  awas licin gan,jalan nya berpasir  
image

sampai juga dah…  

image

jarak atap mushola dengan awan di atasnya dekat banget  

image

airnya sejuk banget,bisa diminum langsung  , ini bersumber dari mata air pegunungan asli

image

image

Tanda mushola bertuliskan bahasa arab  

image

katanya ini sebuah prasasti  , yang masih asli dan utuh

image

dahulu batu besar ini di gunakan
tempat untuk berteduh dan berdzikir bekas para syekh,sampai sekarang juga masih digunakan,walaupun sudah ada mushola  

image

My team ” JARAMBAH ” .

image

image

Bonus nih gan,di sana tokke.. berkeliaran bebas  ….

image

sekian dulu gan ,apabila ada yang salah dari keterangan tempatnya,historis ataupun ada yang tidak menginginkan tempat ini untuk di ekspose,ane memohon maaf sebesar-besarnya,ane di sini hanya mengagumi sejarah dan ke indahan alamnya.  

Terimakasih yang berkenan silahkan berkomentar  

Follow @danisetiawan37

Kunjungi juga ;
KUMPULAN CERGAM alias cerita bergambar paling lucu
http://wp.me/s3EAYT-cergam

Iklan

36 thoughts on “Ternyata , terdapat sebuah mushola di dasar kawah gunung galunggung

  1. duluthn 1995 sy prnh k gng galunggung sampe nginep semalam di mushola nya,wuih dingin nyaaaaa….wkt itu sy kaget bpas nyampe di mushola nya skitar jam 7 malam,di kira apa yg meke baju putih2,g tau nya laki2 pke mukena.

  2. Galunggung mah emang bikin kangen,,Subhanalloh ciptaan Allah begitu indah…!!!buat para pengunjung,gunung Galunggung ini aman,ramah,dan tenang,asal jangan diganggu karena sedang tertidur

  3. wihh mantap.. iyeu barudak jarambah nu dina stv bandung sanes?
    abi ge orang tasik can kantos kadinya.. nuhun impona

  4. wah..jadi kangen deui katasik ..abdi pernah kagalunggung sampe puncaktapi teu turun kawah … ‘ aya rencang urang indihiang …’pokona galunggung waaaahhh…aluuusss’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s